6 Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Guru Saat Tidak Mengajar

Halo Bapak/Ibu Guru, disela-sela waktu yang kosong ada banyak kegiatan loh yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu saat berada di sekolah. Diantaranya:

  1. Membuat Rencana Pelajaran Meskipun tidak sedang mengajar, guru tetap harus mempersiapkan diri untuk kelas yang akan datang. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat rencana pelajaran atau menyusun bahan ajar yang akan digunakan di kelas. Rencana pelajaran ini merupakan panduan bagi guru untuk mengelola kelas dan memastikan bahwa tujuan pembelajaran tercapai.
  2. Mengikuti Pelatihan atau Seminar Guru harus terus belajar dan meningkatkan kompetensi mereka agar dapat memberikan yang terbaik bagi siswa. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti pelatihan atau seminar yang terkait dengan bidang pendidikan atau kegiatan mengajar. Selain dapat menambah pengetahuan, kegiatan ini juga dapat memberikan kesempatan untuk bertukar pikiran dengan rekan-rekan guru lainnya.
  3. Menjadi Tutor atau Mentor Bagi siswa yang membutuhkan bantuan tambahan untuk menyelesaikan tugas atau memahami materi pelajaran, guru dapat membantu dengan menjadi tutor atau mentor. Ini dapat dilakukan dengan memberikan bimbingan secara tatap muka atau melalui media daring.
  4. Menyusun Laporan Kegiatan Kelas Setelah mengajar, guru juga harus melakukan evaluasi terhadap keberlangsungan proses belajar mengajar di kelas. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyusun laporan kegiatan kelas. Laporan ini dapat berisi catatan-catatan mengenai keberlangsungan proses belajar mengajar, hasil belajar siswa, dan masalah yang terjadi di kelas.
  5. Menjadi Anggota Kelompok Studi atau Komunitas Guru Bertukar pikiran dengan rekan-rekan guru lain dapat memberikan wawasan baru dan memperdalam pengetahuan tentang bidang pendidikan. Guru dapat bergabung dengan kelompok studi atau komunitas guru yang ada di sekolah atau di luar sekolah. Kegiatan ini juga dapat memberikan kesempatan untuk bertemu dengan guru lain yang memiliki minat yang sama.
  6. Menulis Artikel atau Blog Tentang Pendidikan Guru memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan tentang bidang pendidikan, sehingga dapat membagikannya melalui tulisan.
Baca Juga:  Perpustakaan di Era Kecerdasan Buatan (AI) dan Dunia Digital

Nah, semoga kegiatan diatas dapat membantu anak didik dan juga bapak/ibu guru ya.


 

Bagikan artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tentang Penulis