8 Superfood untuk Anak Cerdas

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik bagi anaknya. Hal-hal yang sangat diperhatikan dalam tumbuh kembang buah hati adalah makanan sehat yang mempengaruhi kecerdasan anak. Hal ini juga termasuk asupan nutrisi makanan yang diberikan kepada buah hati. Nutrisi yang berasal dari makanan yang diberikan kepada anak hendaknya memperhatikan kandungan gizinya. Karena hal ini berpengaruh pada kesehatan dan kecerdasannya.

Makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan anak sering disebut makanan otak. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa makanan otak tertentu dapat meningkatkan pertumbuhan fungsi otak, memori, dan konsentrasi. Dilansir dari Eat Right, American Dietetic Association (ADA) mengatakan faktanya, otak adalah organ yang sangat lapar, artinya organ tubuh pertama yang menyerap nutrisi dari makanan yang dimakan. Tubuh anak yang sedang tumbuh membutuhkan banyak jenis nutrisi.

Kali ini kita akan membahas 8 superfood untuk meningkatkan kecerdasan anak. Simak daftarnya di berikut ini!

1. Telur

Telur adalah makanan protein hewani yang sangat akrab di kalangan masyarakat khususnya bagi anak-anak. Telur adalah pilihan yang mudah dan sangat dekat dengan kita. Telur dapat membantu perkembangan otak anak. Kuning telur mengandung kolin yang membantu perkembangan memori.

Agar anak lebih banyak mengonsumsi telur, kita dapat membuat berbagai macam hidangan dengan bahan dasar telur, seperti omelet, scrambled egg, atau juga bisa membuat roti panggang lapis telur dengan menggunakan roti, telur, daging, dan sepotong sosis dan keju yang lezat. Hmm, yummy.

2. Oats atau Oatmeal

Menurut Sarah Krieger, MPH, RD, LD/N, konsultan St. Petersburg, Fla, oat adalah salah satu sereal panas yang paling dikenal sebagai “gandum untuk otak” yang sangat bergizi. Oat memberikan energi atau bahan bakar yang sangat baik untuk otak yang dibutuhkan anak-anak di pagi hari. Sarat dengan serat, oat memberi nutrisi pada otak anak sepanjang pagi. Selain itu oat juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, kalium, dan zinc yang baik untuk membuat tubuh dan otak berfungsi dengan maksimal.

Baca Juga:  PerpusKita dan KKM MTS Kabupaten Temanggung Galang Semangat Minat Baca Lewat Perpustakaan Digital

Kita bisa menyajikan oatmeal panas dengan apa saja. Beberapa di antaranya dengan susu, saus mapel, dan kayu manis, dengan dipadukan toping buah kering dan irisan almond dan sedikit madu, atau pisang segar dan bubuk pala akan semakin menambah cita rasa. Menu ini sangat simple dan dapat dibuat dalam waktu yang singkat. Selamat mencoba.

3. Ikan

Ikan dan merupakan sumber asam lemak omega 3 dalam bentuk DHA dan EPA. Asam lemak omega 3 sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Riset terbaru menunjukkan bahwa orang yang banyak mengonsumsi asupan asam lemak akan memiliki pikiran yang lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kompetensi.

Untuk menyajikan hidangan berbahan dasar ikan, salah satu menu yang dapat dicoba adalah sup brokoli dan berbagai jenis ikan. Dengan bumbu dasar sop seperti bawang putih, bombay, dan lada, kita dapat menambahkan ikan dan brokoli untuk nutrisi ekstra dan tekstur lembut. Sup ini sangat mudah dibuat. Anak pasti suka dengan rasanya yang gurih dan nikmat.

4. Daging Sapi

Daging sapi adalah salah satu sumber makanan yang mengandung zat besi. Zat besi akan membantu anak-anak agar tetap berenergi dan mampu berkonsentrasi di sekolah. Selain itu, mineral yang ada di daging sapi ternyata bisa memelihara daya ingat.

5. Beras Merah

Kandungan dalam beras merah yaitu karbohidrat kompleks dapat membantu meningkatkan hormon serotonin dalam otak. Serotonin berfungsi memperbaiki suasana hati dan menenangkan otak. Beras merah mengandung vitamin B kompleks yang sangat bermanfaat untuk kesehatan otak.

6. Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan mengandung protein dan karbohidrat. Kacang-kacangan kaya akan serat, vitamin B kompleks, zat besi, dan magnesium. Zat-zat tersebut dapat meningkatkan daya ingat dan kesehatan sistem saraf, dan otak anak.

Salah satu kacang-kacangan yang sangat bermanfaat untuk perkembangan anak adalah kedelai. “Kualitas protein kedelai lebih tinggi dibandingkan beras, jagung, dan terigu,” dikutip dari pendapat Prof Dr Ir Made Astawan, MS yang dikenal sebagai ‘Bapak Kedelai dan Tempe Indonesia’.

7. Buah dan Sayuran Berwarna

Baca Juga:  Prioritas Anak Belajar atau Bermain?

Banyak orang yang menjalankan pola hidup sehat dengan mengonsumsi buah dan sayur. Kandungan vitamin dan mineral di dalamnya mampu meningkatkan pertumbuhan dan fungsi otak. Buah dan sayur berbagai warna mengandung vitamin A, B, C, dan E. Buah dan sayur sangat mudah dijumpai di setiap sudut pasar, dengan beragam jenis dan pilihan.

8. Susu dan Yoghurt

Nutrisi seperti protein dan vitamin B yang terdapat dalam susu sangat penting bagi pertumbuhan jaringan otak. Susu dan yoghurt dengan kandungan protein dan lemaknya dapat membuat perut kenyang. Selain itu, susu kaya akan vitamin D yang berguna untuk sistem saraf otak dan pertumbuhan otot.

Banyak pilihan bahan makanan superfood yang dapat kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam rangka pertumbuhan otak anak. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Bagikan artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tentang Penulis