Keuntungan Menggunakan Perpustakaan Digital Dibandingkan Perpustakaan Tradisional

Saat ini, masyarakat Indonesia dapat memilih untuk meminjam buku di perpustakaan tradisional atau perpustakaan digital. Namun, keuntungan menggunakan perpustakaan digital dibandingkan perpustakaan tradisional lebih dapat dirasakan oleh masyarakat.

Perpustakaan digital memang menawarkan lebih banyak keunggulan daripada versi tradisionalnya. Dengan demikian, tidak heran jika setiap tahun pengguna perpustakaan ini meningkat dan semakin banyak lembaga pendidikan yang membuat perpustakaan digital mereka sendiri.

Keuntungan Menggunakan Perpustakaan Digital Dibandingkan Perpustakaan Tradisional

Perpustakaan digital adalah versi virtual dari perpustakaan tradisional. Koleksi perpustakaan ini berupa file digital, contohnya e-magazine, e-journal, e-book, dan video e-learning. Meski hanya merupakan versi virtual, perpustakaan digital mampu memberi banyak keuntungan.

1.     Hemat Ruang Fisik

Perpustakaan digital tidak membutuhkan ruang fisik untuk menyimpan koleksinya. Hal ini berbeda dari perpustakaan tradisional yang memerlukan ruangan besar untuk penyimpanan koleksi.

Pada perpustakaan digital, koleksi disimpan pada cloud storage. Dengan demikian, perpustakaan ini sangat hemat ruang fisik.

2.     Hemat Biaya

Pemilik perpustakaan tradisional umumnya memerlukan biaya besar untuk membangun perpustakaannya. Biaya ini akan semakin besar jika perpustakaan berukuran luas dan terdiri atas beberapa lantai.

Di sisi lain, pemilik perpustakaan digital tidak perlu mengeluarkan biaya sebesar biaya pembuatan perpustakaan tradisional. Pembuatan dan pengelolaan perpustakaan ini umumnya hanya memerlukan biaya untuk pengembangan aplikasi dan langganan cloud storage.

Bahkan, kini lembaga pendidikan dapat menghemat biaya pembuatan dan perawatan perpustakaan digital jika mereka menyewa platform e-library siap pakai. Dengan demikian, mereka dapat menghemat biaya pembuatan.

Selain dapat menekan pengeluaran pemilik, perpustakaan digital juga dapat menekan pengeluaran anggota perpustakaan. Mereka tidak perlu mengeluarkan biaya transpor untuk mengunjungi perpustakaan digital.

3.     Akses Cepat dan Mudah

Keuntungan menggunakan perpustakaan digital dibandingkan perpustakaan tradisional adalah kecepatan dan kemudahan akses. Perpustakaan digital memiliki fitur pencarian yang responsif.

Baca Juga:  Manfaat Perpustakaan Digital bagi Siswa: Alasan Sekolah Harus Punya E-library

Hanya dengan mengetik keyword, pengguna dapat langsung menemukan koleksi yang dicari. Selanjutnya, mereka dapat langsung meminjam koleksi tersebut.

Selain itu, perpustakaan digital juga dapat dikunjungi sewaktu-waktu dari mana saja. Hal ini karena e-library buka 24 jam setiap hari dan bisa dikunjungi via PC, laptop, ponsel, dan tablet.

Kemudahan dan kecepatan akses ini tidak akan diperoleh oleh mereka yang berkunjung ke perpustakaan tradisional. Mereka baru bisa meminjam koleksi perpustakaan ini saat jam buka. Selain itu, pencarian koleksi juga tidak sepraktis fitur pencarian koleksi pada e-library.

4.     Koleksi Tak Terbatas

Mengingat ruang penyimpanannya yang luas, perpustakaan digital memiliki koleksi yang sangat banyak. Jumlah koleksi ini tumbuh dengan cepat karena proses penambahan koleksi di e-library juga mudah sekali dilakukan.

Selain itu, koleksi e-journal, e-magazine, dan e-book terbaru dapat dengan mudah ditemukan di perpustakaan digital. Sehingga, pengguna dapat memperoleh informasi up to date maupun sumber referensi terbaru untuk makalah atau tugas akhir mereka di perpustakaan digital.

5.     Mengurangi Risiko Kerusakan Fisik

Perpustakaan digital juga menawarkan keuntungan bagi para pemilik karya. Keuntungan ini adalah melestarikan karya mereka. File-file digital yang berisi karya peneliti ataupun penulis buku tidak akan mengalami kerusakan fisik.

Selain itu, file tersebut juga tidak bisa dihilangkan oleh peminjam. Hal ini karena perpustakaan digital akan secara otomatis membatasi akses koleksi dari rak buku anggota yang meminjamnya jika waktu peminjaman telah berakhir.

Hal ini berbeda dengan koleksi yang ada di perpustakaan tradisional. Di sini, tangan-tangan pengguna yang ceroboh dapat menyebabkan sampul dan halaman buku menjadi robek atau terlepas dan hilangnya buku. Namun, hal ini tidak akan terjadi pada e-magazine, e-book, dan e-journal.

6.     Akses Ganda

Perpustakaan digital memungkinkan banyak anggotanya untuk mengakses file koleksi secara bersamaan. Hal ini berbeda pada perpustakaan tradisional.

Baca Juga:  Pentingnya Guru Menangani Kritik dan Masukan dari Siswa dengan Bijak

Pada perpustakaan tradisional, anggota perlu menunggu berhari-hari hingga buku dikembalikan untuk bisa meminjamnya. Akibatnya, mereka yang sangat memerlukan buku tersebut saat itu juga akan mengalami kendala dalam mengakses buku.

Keuntungan menggunakan perpustakaan digital dibandingkan perpustakaan tradisional dapat dirasakan oleh pemilik perpustakaan, anggota, maupun penulis sehingga perpustakaan digital pantas untuk dimiliki oleh lembaga pendidikan. Pembuatan perpustakaan ini hemat biaya dan mudah dilakukan.

Bagikan artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tentang Penulis