Tips belajar bahasa inggris secara mandiri

Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Mandiri di Rumah

Kemampuan berbahasa Inggris sangat penting untuk pendidikan dan karier. Apalagi kalau berencana kuliah dengan beasiswa, baik luar maupun dalam negeri semuanya membutuhkan kemahiran bahasa Inggris. Hanya saja, tak sedikit yang terkendala tempat serta biaya untuk mengikuti kursus bahasa Inggris. Padahal ada cara belajar bahasa Inggris dari rumah yang mudah, menyenangkan, dan praktis tanpa harus mengeluarkan dana. Meski secara mandiri, tetapi pembelajaran ini sangat ampuh untuk membuat kalian jago menguasai bahasa dunia tersebut.

Masih bingung mau mulai dari mana? Artikel ini akan memberikan tips buat kalian berdasarkan pengalaman beberapa mahasiswa Indonesia yang mendapat beasiswa ke luar negeri. Yuk, simak tips belajar Bahasa Inggris secara mandiri berikut!

1. Menonton Film Berbahasa Inggris Tanpa Terjemahan Indonesia

Seperti kata seorang YouTuber yang memperoleh beasiswa hingga S3, cara belajar bahasa Inggris di rumah bisa dilakukan dengan menonton film. Tidak hanya film, sebenarnya boleh juga video lain yang menarik asalkan menggunakan bahasa Inggris.

Jika ingin mahir, maka sebaiknya tidak menampilkan subtitle kecuali bahasa Inggris. Dengan begitu secara tidak langsung otak akan terbiasa mendengar pengucapan serta berusaha memahami maksudnya. Meski belum paham terkadang dari gerakan tubuh sudah bisa dimengerti.

2. Mendengarkan Musik

Cara belajar bahasa Inggris di rumah selanjutnya adalah mendengarkan musik dengan syair lagu berbahasa Inggris. Baik yang sedang belajar atau tidak pasti sering memutar lagu berbahasa Inggris. Terlepas dari pemahaman akan lirik bahasa Inggris tersebut, melodi yang dihasilkan musik berbahasa Inggris biasanya bagus dan enak didengar.

Buat kalian yang saat ini sedang dalam tahapan belajar, cobalah untuk memahami pengucapan lagunya. Setelah itu, koreksi dengan melihat tulisan pada liriknya. Langkah ini banyak sekali manfaatnya karena dapat melatih grammar, listening, dan sekaligus menambah vocabulary baru. Biasanya dalam lirik terdapat kata baru yang jarang diketahui.

Baca Juga:  Membangun Generasi Cerdas dan Kritis dengan Literasi

3. Membuat Target Hafalan Vocabulary

Langkah ini bisa dilakukan dari hasil menonton, mendengarkan musik, atau hafalan kata yang sering dipakai dalam keseharian. Semakin banyak yang diingat, maka otomatis akan mahir ketika diajak berbicara.

Namun perlu diperhatikan untuk selalu membaca atau mengulang tiap kata yang dihafal. Mengapa? Karena tentu hafalan akan cepat hilang apabila tidak pernah dipraktikkan. Untuk menguji level belajar bahasa Inggris, silakan membaca tips selanjutnya.

4. Mencari Teman Diskusi Native Speaker

Pernah diledek karena berbicara bahasa Inggris? Daripada kalian minder mendengar ucapan toxic people lebih baik cari alternatif lain. Salah satunya adalah mencari teman di aplikasi. Tidak hanya untuk membantu proses belajar, aplikasi sekarang banyak yang dapat menghubungkan seseorang dengan orang dari negara lain.

Ada banyak sekali aplikasi yang dapat kalian gunakan. Carilah salah satu aplikasi yang menurut kalian menarik dan sesuai dengan cara pembelajaran kalian sendiri.

5. Menulis

Ada sebagian orang yang mudah mengingat dan belajar sesuatu ketika dicatat. Pasalnya ketika menulis otak akan membaca penulisan kata yang benar sekaligus mengingat cara pengucapan. Menulis tidak harus panjang, cukup berupa diary atau artikel pendek dengan tema favorit. Cara belajar bahasa Inggris di rumah memakai teknik menulis juga melatih penulisan grammar. Jadi, tips ini tidak boleh dilewatkan.

Itulah 5 cara belajar bahasa Inggris secara mandiri di rumah yang paling ampuh untuk membuat kalian semakin lancar berbahasa Inggris. Pastikan untuk melakukannya secara konsisten karena tidak semua proses akan berjalan mulus. Terdapat kendala baik dari luar maupun dari dalam diri seseorang, salah satunya malas dan bad mood.

Agar kalian tetap konsisten, buatlah target yang jelas menggunakan teknik SMART Goal. Sebab mimpi akan memberikan motivasi alami dalam diri. Belajar Bahasa Inggris bisa dilakukan tanpa harus ikut kursus bahasa.

Bagikan artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tentang Penulis