Cara Mengatasi Anak Kecanduan HP

Apabila zaman dahulu orang tua akan membiarkan anaknya bermain di luar bersama dengan teman sebayanya, sekarang banyak orang tua khususnya yang masih muda lebih memilih memberikan ponsel untuk membuat anak diam. Sampai akhirnya mereka pun membutuhkan cara dalam mengatasi anak yang telah terlanjur kecanduan HP.

Kecanduan HP terbilang sulit disembuhkan, apalagi jika orang tua tidak tahu cara yang tepat untuk menyembuhkannya. Namun, bukan berarti kecanduan ini tidak dapat disembuhkan. Kecanduan hampir sama seperti penyakit, tetapi bukan organ tubuh melainkan psikis.

Sebagai orang tua yang anaknya sudah terlanjur kecanduan HP, tidak perlu terlalu cemas. Sebab, ada cara untuk menyembuhkannya dengan mudah. Ingin segera anak sembuh dari ketergantuan benda pipih itu? Silakan simak langkahnya berikut ini.

1. Cara Mengatasi Anak Kecanduan HP dengan Membatasi Waktu Pemakaian

Kalian bisa mencoba memberikan batas penggunaan pada anak yang sudah terlanjur kecanduan HP. Akan muncul pertanyaan bagaimana kalau anak menjadi nangis dan tidak ingin diam sebelum keinginannya terpenuhi? Seorang anak yang sudah terlanjur kecanduan bermain HP biasanya kondisi tersebut sangat sulit untuk dihindarkan. Namun, bukan berarti tanpa solusi. Orang tua bisa memberikan pengertian kepada anak sembari mengajak permainan lain yang lebih menyenangkan.

2. Temani Anak untuk Bermain

Cara mengatasi anak kecanduan HP yang kedua yaitu dengan menemani anak bermain, baik permainan modern atau permainan tradisional. Namun, jika ingin melakukan permainan yang berbeda, cobalah memainkan permainan tradisional. Mengapa? Karena permainan yang jarang ditemui biasanya akan lebih menarik bagi anak. Cara ini sangat ampuh untuk menyembuhkan anak dari kecanduan. Supaya anak tidak merasa cepat bosan saat bermain, cobalah untuk mengganti jenis permainan lain yang paling disenangi anak.

Baca Juga:  Menjadi Guru Inspiratif: Kiat Mengembangkan Karisma dan Keterampilan Mengajar

3. Ajak Anak Bermain di Luar

Dengan melihat dunia luar, anak biasanya akan lupa untuk bermain HP. Biasakan untuk mengajak anak bermain di luar rumah seperti bermain petak umpet, sepakbola, pergi ke taman, dan lain sebagainya. Selain bagus untuk kesehatan karena menghirup udara segar dan melihat alam, tujuannya supaya anak tidak stres. Lebih bagus lagi jika mengajari anak berkebun di pekarangan rumah yang akan menjadi rutinitas harian.

4. Ajarkan Anak Bersosialisasi

Sekarang mungkin susah menemukan teman sebaya yang dapat diajak bermain di luar. Sebab, biasanya setiap anak lebih senang bermain HP terutama di daerah perkotaan. Akan tetapi, tetap ada orang tua yang tidak akan membiarkan anaknya kecanduan HP. Bila memungkinkan carilah lingkungan yang positif untuk mendukung hal tersebut. Apabila sangat sulit, cobalah untuk mengikuti tips selanjutnya.

5. Mulai Mengembangkan Bakat Anak

Setiap anak pasti mempunyai bakat yang akan menjadi keahliannya. Saat masih kecil mungkin orang tua kesulitan untuk menentukan pilihan. Pasalnya cukup banyak minat yang disukai anak, sedangkan anak masih belum paham untuk memberitahu orang tua.

Maka cara paling mudah yaitu mengamati kebiasaan, kesenangan, dan karakter anak. Akan tetapi, seorang anak pasti akan condong pada sesuatu yang sangat disukainya. Misal anak yang tangannya sangat aktif sehingga gemar membuat coretan di mana saja. Coba berikan peralatan gambar sederhana untuk melatihnya. Bila perlu bayar guru khusus untuk mengajarinya menggambar untuk mengarahkan potensinya. Hal tersebut cukup efektif untuk mengalihkan anak dari kecanduan HP.

6. Memberi Contoh agar tidak Kecanduan HP

Cara paling ampuh yang paling sering diabaikan oleh orang tua yaitu memberi contoh yang baik pada anak. Bagaimana mungkin anak tidak menjadi kecanduan HP jika orang tuanya sendiri terlalu sibuk bermain HP. Apabila HP digunakan untuk bekerja, sebaiknya berikan pengertian supaya anak memahaminya. Namun, sebisa mungkin jangan perlihatkan kebiasaan bermain HP pada anak jika hanya untuk kesenangan semata.

Baca Juga:  Mencegah Bullying di Sekolah: Membangun Ekosistem yang Aman dan Sehat

Demikian penjelasan tentang cara mengatasi anak kecanduan HP yang perlu dicoba oleh orang tua. Sebenarnya ada banyak cara lain yang bisa dipilih orang tua selain memberikan HP pada anak saat orang tua sedang sibuk. Sebagai orang tua yang baik, seharusnya berikan sesuatu yang bermanfaat untuk anak. Tujuan utamanya tentu saja agar anak tidak kecanduan HP.

Bagikan artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tentang Penulis