Daftar Perpustakaan Digital di Samarinda

Samarinda, sebagai ibu kota Provinsi Kalimantan Timur, tidak hanya kaya akan sumber daya alam dan kebudayaan, tetapi juga terus berkembang dalam hal pendidikan dan teknologi. Di era digital ini, akses terhadap informasi dan pengetahuan menjadi lebih mudah berkat adanya perpustakaan digital. Berikut adalah daftar perpustakaan digital yang dapat Anda akses di Samarinda:

  1. Perpustakaan Digital Universitas Mulawarman

Perpustakaan digital Universitas Mulawarman menawarkan berbagai koleksi buku, jurnal, dan publikasi ilmiah yang dapat diakses secara online. Mahasiswa dan dosen Universitas Mulawarman, serta masyarakat umum, dapat memanfaatkan sumber daya ini untuk keperluan penelitian dan pembelajaran.

  1. Perpustakaan Digital Pemerintah Kota Samarinda

Pemerintah Kota Samarinda telah mengembangkan perpustakaan digital yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses berbagai buku dan materi pembelajaran. Platform ini menyediakan berbagai macam buku, mulai dari literatur umum hingga buku pelajaran sekolah.

  1. Perpustakaan Digital Sekolah dan Kampus di Samarinda

Beberapa sekolah dan kampus di Samarinda juga telah mengembangkan perpustakaan digital mereka sendiri. Ini termasuk sekolah-sekolah menengah dan perguruan tinggi yang menyediakan akses ke koleksi buku dan materi ajar untuk mendukung proses pembelajaran siswa dan mahasiswa.

  1. Perpustakaan Digital Komunitas dan Organisasi

Di Samarinda, terdapat beberapa komunitas dan organisasi yang menyediakan perpustakaan digital. Ini bisa berupa komunitas literasi, organisasi nirlaba, atau kelompok studi yang menyediakan akses ke sumber daya pengetahuan bagi anggotanya.

  1. Platform Perpustakaan Digital Nasional

Walaupun bukan secara spesifik berlokasi di Samarinda, platform perpustakaan digital nasional seperti Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menawarkan sumber daya yang sangat luas dan dapat diakses oleh masyarakat Samarinda. Platform ini menyediakan akses ke berbagai jenis buku, jurnal, dan dokumen lainnya.

Baca Juga:  Membangun Generasi yang Sadar Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia

Daftar Perpustakaan Digital di Samarinda

INSTANSIALAMAT PERPUSTAKAAN/INSTANSILINK PERPUSTAKAAN DIGITAL
SMP NEGERI 6 SAMARINDAJl. Jend. Urip Sumohardjo No.153 Pelita Samarinda Ilir Kota Samarinda Kalimantan TimurKlik disini
Perpustakaan Digital BPMP Prov. KaltimJl. Ciptomangunkusumo. Km 2 Sungai Keledang Samarinda Seberang Kota Samarinda Kalimantan TimurKlik disini
Pokmas Teluk Lerong Ulu BerbenJl Antasari Gg H Mansyur Teluk Lerong Ulu Sungai Kunjang Kota Samarinda Kalimantan TimurKlik disini
MTSS DARUL IHSANJl. Siti Aisyah Teluk Lerong Ilir Samarinda Ulu Samarinda Kalimantan TimurKlik disini
MAS DARUL IHSANJl. Siti Aisyah Rt. 28 Teluk Lerong Ilir Samarinda Ulu Kota Samarinda Kalimantan TimurKlik disini
SD MUHAMMADIYAH 1 SAMARINDAJl. Sungai Berantas No. 47 Pelabuhan Samarinda Kota Samarinda Kalimantan TimurKlik disini
MIS AL AZHAR SUNGAI KUNJANGJl. M. Said Lok Bahu Rt. 12 Lok Bahu Sungai Kunjang Samarinda Kalimantan TimurKlik disini
SD NEGERI 004 SAMBUTANJl. Pelita 4 Sambutan Sambutan Kota Samarinda Kalimantan TimurKlik disini

Manfaat Perpustakaan Digital

Perpustakaan digital memberikan kemudahan dalam mengakses informasi dan pengetahuan. Dengan adanya perpustakaan digital, masyarakat di Samarinda dapat memperoleh informasi yang mereka butuhkan dari mana saja dan kapan saja. Ini sangat membantu, terutama dalam situasi pandemi saat ini, di mana akses fisik ke perpustakaan terbatas.

Perpustakaan digital di Samarinda menunjukkan langkah maju dalam dunia pendidikan dan literasi. Dengan berbagai pilihan yang tersedia, masyarakat Samarinda memiliki akses yang lebih mudah ke sumber-sumber pengetahuan. Ini adalah langkah penting dalam meningkatkan literasi dan pendidikan di era digital.

Bagikan artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tentang Penulis