Situs Belajar Online Gratis

Enam Situs Belajar Online Gratis

Tidak punya biaya buat kursus? Tidak perlu cemas. Sekarang telah banyak situs belajar online gratis yang bisa diakses dengan sangat mudah tanpa perlu berlangganan. Yang terpenting kalian hanya perlu mengandalkannya jaringan internet. Layanan online tersebut memang tidak menyediakan tutor ataupun guru yang mengajar secara langsung. Hanya saja, kalian akan menemukan soal serta jawaban secara detail dari para pengguna lain. Terlebih lagi akan ada tim dari pihak penyedia layanan untuk memeriksa apakah jawaban tersebut sudah benar. Oleh karena itu, kalian tidak perlu lagi bingung untuk mengetahui mana jawaban yang benar atau salah, mengingat cukup banyak pengguna yang biasanya memberi tanggapan. Untuk mengetahui situs belajar gratis tersebut, simak rekomendasinya di bawah:

1. Kemendikbud – Rumah Belajar Online

Melalui situs resmi Kemendikbud, kalian dapat belajar dengan sangat mudah mengenai mata pelajaran apa pun. Situs belajar online gratis dan aplikasi dari pemerintah ini memang diciptakan untuk memberi kemudahan bagi siswa agar bisa mengakses pelajaran.

Ada banyak konten materi yang disampaikan melalui video, web, dan audio untuk dipilih sesuai pelajaran yang diinginkan. Penjelasannya disampaikan dengsan sangat mendalam oleh guru yang berkompeten dan telah terakreditasi. Tidak hanya itu saja, ada beberapa fitur utama yang menjadi keunggulan situs ini dibandingkan situs lainnya, antara lain:

  • Kelas maya yang memungkinkan guru dan siswa melakukan pembelajaran secara virtual melalui situs ini. Fiturnya lengkap serta dapat diakses secara gratis.
  • Sumber belajar yang mudah dipahami dan berisi seluruh konten materi pelajaran baik melalui video, web, dan audio dari guru yang berkompeten di bidangnya.
  • Tersedia ribuan bank soal berisi evaluasi, ujian, dan ulangan dari setiap topik mata pelajaran.
Baca Juga:  Masih Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Ikuti Tips Berikut!

Baca juga: Bisakah Kita Terbiasa Membaca Buku?

2. Brainly Indonesia – Tanya Apa Saja!

Situs ini cukup populer dan sudah sangat lama ada di Indonesia. Kalian dapat menemukan jawaban setiap soal yang susah dikerjakan sendirian. Kalian dapat mengajukan pertanyaan melalui forum yang telah disediakan dan kemudian akan ada siswa lain yang akan memberikan jawaban dan menjelaskannya secara rinci. Ada banyak sekali pakar serta siswa cerdas yang bersedia membantu.

Situs ini tidak menyediakan video atau audio penjelasan, tetapi mengintegrasikannya ke YouTube. Oleh karena itu, kalian hanya bisa berdiskusi bersama teman serta membaca modul mata pelajaran yang telah tersedia di situs ini saja.

3. Alison – Tingkatkan Kemampuan dan Keahlian

Alison merupakan salah satu situs belajar online gratis yang cukup efektif untuk mempelajari berbagai bidang keahlian. Website memang dikhususkan untuk menyelesaikan soal pembelajaran mahasiswa karena materinya menjurus ke bidang tertentu. Misal IT, kesehatan, manajemen, bisnis, sampai pembelajaran bahasa asing dengan banyak pilihan.

Baca juga: Pentingnya Mengajarkan Pelestarian Lingkungan Bagi Anak-Anak Sekolah di Indonesia

4. Duolingo – Belajar Bahasa Asing

Ingin belajar bahasa asing secara online? Anda bisa memanfaatkan situs Duolingo yang telah dikenal sebagai penyedia layanan belajar bahasa secara gratis. Duolingo tidak hanya bisa diakses melalui website, tetapi juga melalui aplikasi. Ada banyak bahasa yang bisa dipelajari di sini, mulai dari bahasa Jepang, Inggris, Spanyol, Jerman, dan lainnya. Kalian dapat belajar bahasa asing dengan cara yang menyenangkan. Ada permainan tebak kata, kuis, latihan mendengarkan, dan lain sebagainya. Ada pula fitur berbayar yang akan memberikan konten-konten premium.

5. PerpusKita – Perpustakaan Digital Kita

PerpusKita merupakan salah satu platform layanan perpustakaan digital bagi sekolah, instansi, ruang publik, dan juga perusahaan. Sekolah, instansi, atau perusahaan yang telah mengaktifkan layanan PerpusKita dapat memberikan akses kepada anggotanya untuk meminjam buku maupun konten digital secara gratis. Ada banyak koleksi bacaan maupun konten digital yang dapat diakses sesuai dengan minat, mulai dari pendidikan, pengembangan diri, inspirasi, keterampilan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  Pentingnya Mengajarkan Pelestarian Lingkungan bagi Anak-Anak Sekolah di Indonesia

Baca juga: Tips Mendidik Anak Agar Mudah Bangun Pagi

6. Zenius – Bimbingan Belajar Online

Sebelum muncul aplikasi bimbel online Ruang Guru yang cukup familier bagi masyarakat Indonesia, telah ada situs pembelajaran yang cukup serupa, yakni Zenius. Zenius merupakan website dan aplikasi gratis yang menyediakan beragam materi pembelajaran. Hanya saja, semua materi berupa artikel yang mungkin susah dimengerti tanpa penjelasan.

Nah, itulah beberapa situs belajar online gratis yang bisa kalian coba. Pada dasarnya internet menyediakan banyak sekali fasilitas untuk menambah pengetahuan yang sangat sayang untuk dilewatkan. Bahkan YouTube pun menyediakan banyak sekali penjelasan serta trik khusus untuk menjawab soal ujian. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk malas belajar kan?

Bagikan artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tentang Penulis