Mendukung Literasi Digital: PerpusKita bersama KKM MI, MTS, MA se-Kabupaten Wonosobo selenggarakan Workshop Perpustakaan Digital

PerpusKita, platform perpustakaan digital #AntiRibet, berkolaborasi dengan KKM MI, MTS, MA dari berbagai sekolah di Kabupaten Wonosobo untuk menyelenggarakan workshop perpustakaan digital. Acara ini diadakan pada tanggal 12 Juni 2023, di Aula Serba Guna KKM MTSN 1 Wonosobo.

Workshop ini bertujuan untuk mendorong kerjasama dan berbagi pengetahuan antara pustakawan dan pendidik dalam mengimplementasikan dan memanfaatkan perpustakaan digital dengan efektif. Dengan kemajuan teknologi yang pesat, perpustakaan tradisional beralih ke platform digital untuk menyediakan sumber belajar yang lebih mudah diakses dan komprehensif bagi para siswa.

Workshop ini menampilkan berbagai sesi yang penuh wawasan yang dipandu oleh tim dari PerpusKita. Peserta yang hadir dalam hal ini Kepala Sekolah, Guru, dan Pustakawan sekolah mendapatkan kesempatan untuk mempelajari tren, teknologi terbaru, dan praktik terbaik dalam mengelola dan menjaga keberhasilan perpustakaan digital. Beberapa topik yang dibahas dalam workshop ini antara lain:

1.Pengenalan Perpustakaan Digital: Memahami manfaat dan potensi perpustakaan digital bagi lembaga pendidikan.

    2. Manajemen Perpustakaan Digital: Menjelajahi alat dan strategi untuk mengorganisir dan mengkatalogkan sumber daya digital secara efektif.

    3. Kurasi Konten Digital: Teknik dalam memilih dan mengkurasi sumber daya digital berkualitas tinggi yang sesuai untuk siswa di semua tingkatan.

    4. Meningkatkan Aksesibilitas: Memastikan inklusivitas dengan mengimplementasikan fitur aksesibilitas bagi siswa dengan kebutuhan khusus.

    5. Mendorong Literasi Digital: Strategi untuk meningkatkan keterampilan literasi digital di kalangan siswa dan pendidik.

    6. Kolaborasi dan Berbagi Sumber Daya: Memanfaatkan perpustakaan digital untuk memfasilitasi kolaborasi dan berbagi sumber daya di komunitas pendidikan.

    Workshop ini memberikan platform bagi para peserta untuk bertukar ide, berbagi cerita sukses, dan mendiskusikan tantangan yang dihadapi dalam mengimplementasikan perpustakaan digital. Ini akan memberdayakan pustakawan dan pendidik untuk merangkul teknologi dan memanfaatkan sumber daya digital guna meningkatkan pengalaman belajar bagi siswa di Kabupaten Wonosobo.

    Baca Juga:  Kenali 6 Jenis Peer Pressure

    PerpusKita sangat antusias bekerja sama dengan KKM MI, MTS, MA dalam menyelenggarakan workshop ini dan berkontribusi pada pengembangan perpustakaan digital di wilayah ini. Dengan menyediakan ruang untuk berbagi pengetahuan dan jaringan, PerpusKita bertujuan untuk memperkuat dunia pendidikan dan mempromosikan pentingnya literasi digital di era digital.

    Tertarik untuk menyelenggarakan workshop Perpustakaan Digital? Untuk registrasi dan informasi lebih lanjut mengenai Workshop Perpustakaan Digital dari PerpusKita, silakan kunjungi situs web PerpusKita di www.perpuskita.com atau hubungi kami di [email protected].

    Bagikan artikel ini

    Facebook
    Twitter
    LinkedIn
    WhatsApp

    Tentang Penulis