Menggali Pengetahuan di Acara Presentasi & Bimtek PerpusKita: Transformasi Perpustakaan Digital

Perpustakaan digital telah menjadi tulang punggung pendidikan dan penelitian di era modern ini. Seiring dengan perkembangan teknologi, pengelolaan sumber daya informasi dalam format digital menjadi semakin penting. Pada tanggal 26 September 2023, sebuah acara penting dengan tema “Presentasi & Bimtek PerpusKita” diselenggarakan di Rumah Makan Buk Renteng Sleman. Acara ini dihadiri oleh para Kepala MTs se-Kabupaten Sleman, yang berjumlah 36 peserta, yang ingin mendalami pengetahuan tentang perpustakaan digital. Dengan narasumber Harsoyo, S.Pd, dan Taufik Heru Mustofa, SE.MM, acara ini menjadi wadah yang berharga untuk mendiskusikan dan meresapi transformasi perpustakaan dalam dunia digital.

Perpustakaan Digital: Masa Depan Pendidikan dan Penelitian

Perpustakaan digital telah merevolusi cara kita mengakses dan memanfaatkan informasi. Dalam era di mana informasi tersedia secara luas dan terhubung melalui internet, perpustakaan digital memainkan peran penting dalam mendukung pendidikan, penelitian, dan perkembangan pribadi. Transformasi ini memungkinkan akses yang lebih mudah, pencarian yang lebih efisien, dan kolaborasi yang lebih luas.

“Presentasi & Bimtek PerpusKita”: Mengapa Penting?

Acara “Presentasi & Bimtek PerpusKita” merupakan sebuah inisiatif dari PerpusKita, sebuah platform digital dari Tiga Serangkai yang berkomitmen untuk memajukan perpustakaan digital di Indonesia. Dalam upaya mereka untuk mendukung pendidikan dan penelitian, acara ini merupakan langkah yang sangat penting. Peserta acara adalah para Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) se-Kabupaten Sleman, yang memiliki peran sentral dalam dunia pendidikan. Mereka adalah pemimpin di institusi mereka dan memiliki pengaruh yang besar terhadap pengembangan dan pengelolaan perpustakaan.

Siapa Narasumbernya?

Dalam acara yang berfokus pada transformasi perpustakaan digital ini, ada dua narasumber ahli yang akan membagikan pengetahuan dan pengalaman mereka:

  1. Harsoyo, S.Pd Harsoyo adalah seorang pendidik berpengalaman dengan pemahaman mendalam tentang pendidikan di Indonesia. Dalam presentasinya, ia akan membahas pentingnya perpustakaan digital dalam mendukung proses pembelajaran di lingkungan sekolah. Dengan pengalaman praktisnya, Harsoyo akan memberikan wawasan yang sangat berharga bagi para kepala MTs yang hadir.
  2. Taufik Heru Mustofa, SE.MM Taufik Heru Mustofa membawa perspektif manajemen dan teknologi dalam pengelolaan perpustakaan digital. Dengan latar belakang pendidikan tinggi dan pengalaman di dunia bisnis, ia akan membahas strategi efektif dalam mengelola perpustakaan digital. Ia akan menjelaskan bagaimana teknologi dapat membantu meningkatkan efisiensi dalam pengumpulan, pengelolaan, dan distribusi sumber daya digital.
Baca Juga:  Meningkatkan Pembelajaran Kreatif: Panduan Mengajar dengan Canva

Materi yang Dibahas dalam Acara

Peserta “Presentasi & Bimtek PerpusKita” akan mengikuti rangkaian materi yang mencakup berbagai aspek perpustakaan digital:

1. Pentingnya Perpustakaan Digital dalam Dunia Pendidikan

Harsoyo memulai presentasinya dengan menggambarkan pentingnya perpustakaan digital dalam dunia pendidikan. Ia mengilustrasikan bagaimana perpustakaan digital dapat membantu guru dan siswa mengakses sumber daya pendidikan dari berbagai sumber tanpa batasan geografis. Perpustakaan digital adalah alat yang sangat efektif untuk mendukung kurikulum modern dan memberikan akses ke berbagai jenis materi pelajaran.

2. Teknologi dan Perpustakaan Digital

Taufik Heru Mustofa membahas peran teknologi dalam perpustakaan digital. Ia menjelaskan berbagai teknologi dan alat yang dapat digunakan dalam mengelola perpustakaan digital, seperti perangkat lunak manajemen perpustakaan, mesin pencari, dan platform e-book. Peserta diberi wawasan tentang bagaimana teknologi dapat membantu mengorganisir dan menyebarkan konten digital dengan lebih efisien.

3. Strategi Manajemen Perpustakaan Digital

Selain itu, Taufik Heru Mustofa juga membagikan panduan praktis tentang strategi manajemen perpustakaan digital. Ia membahas langkah-langkah penting dalam mengelola koleksi digital, termasuk pengumpulan, pengindeksan, pemeliharaan, dan distribusi. Peserta mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana mengatasi tantangan umum yang mungkin timbul dalam pengelolaan perpustakaan digital.

Interaksi dan Diskusi yang Berharga

Selama acara, peserta memiliki kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan narasumber. Mereka dapat mengajukan pertanyaan, berbagi pengalaman, dan mendapatkan nasihat langsung dari ahli. Diskusi-diskusi ini menjadi salah satu momen berharga dalam acara, karena peserta dapat memperdalam pemahaman mereka dan memecahkan berbagai permasalahan yang mungkin mereka hadapi dalam pengelolaan perpustakaan digital.

Membangun Jaringan Baru

Salah satu aspek berharga dari acara seperti ini adalah kesempatan untuk membangun jaringan baru. Para peserta yang hadir berasal dari berbagai sekolah dan lembaga di Kabupaten Sleman. Dalam acara ini, mereka memiliki kesempatan untuk berkenalan, bertukar kontak, dan berbagi pengalaman. Membangun jaringan ini bisa menjadi sumber dukungan dan kolaborasi di masa depan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di wilayah mereka.

Baca Juga:  Mengeksplorasi Dunia Pengetahuan dengan Perpustakaan Digital Interaktif

Kesan dan Respon Peserta

Setelah acara berakhir, beberapa peserta berbagi kesan mereka tentang “Presentasi & Bimtek PerpusKita.”

Bagikan artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tentang Penulis