Mewujudkan Akses Pendidikan yang Merata: PerpusKita Sosialisasikan Perpustakaan Digital di SMPN 2 Sedayu Bantul

Pendidikan adalah kunci untuk membuka pintu masa depan yang cerah, dan salah satu elemen penting dalam mencapai pendidikan yang berkualitas adalah akses terhadap sumber daya pendidikan yang memadai. Untuk mewujudkan hal tersebut, PerpusKita bersama dengan SMPN 2 Sedayu Bantul menggelar sosialisasi perpustakaan digital yang bertujuan untuk memperkenalkan konsep perpustakaan modern kepada guru dan siswa dan memanfaatkan teknologi dalam memperluas cakrawala pengetahuan mereka. Acara tersebut didukung oleh PerpusKita, platform perpustakaan digital yang berkomitmen untuk meningkatkan aksesibilitas pendidikan dan digitalisasi sekolah di Indonesia.

Sosialisasi yang diadakan di SMPN 2 Sedayu Bantul pada pekan lalu ini dihadiri oleh guru, kepala sekolah, dan pustawakan. Acara ini dibuka dengan sambutan hangat dari Kepala Sekolah SMPN 2 Sedayu, yang menyampaikan pentingnya memanfaatkan teknologi dalam dunia pendidikan.

Pada sesi pertama, tim PerpusKita memperkenalkan konsep perpustakaan digital dan manfaatnya dalam mendukung pembelajaran. Mereka menjelaskan bahwa perpustakaan digital memungkinkan akses ke ribuan buku elektronik dari berbagai disiplin ilmu, yang dapat diakses oleh para siswa secara online melalui perangkat mobile atau komputer. Dalam presentasinya, tim PerpusKita menyoroti kelebihan perpustakaan digital seperti kemudahan pencarian, kemampuan untuk menandai dan membuat catatan, serta akses yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja.

Setelah presentasi, Bapak/Ibu Guru diajak untuk mencoba langsung menggunakan aplikasi perpustakaan digital yang disediakan oleh PerpusKita. Bapak/Ibu Guru diberikan panduan praktis tentang cara mencari buku, membaca, dan menggunakan fitur-fitur lain yang disediakan dalam aplikasi. Peserta yang hadir dalam sosialisasi ini tampak antusias saat menemukan buku-buku yang menarik minat mereka dan mulai mengeksplorasi konten yang tersedia.

Selain itu, dalam sesi interaktif, Bapak/Ibu Guru diajak untuk berpartisipasi dalam diskusi mengenai manfaat perpustakaan digital dan bagaimana Bapak/Ibu Guru dapat memanfaatkannya dalam kegiatan belajar sehari-hari. Beberapa guru berbagi pengalaman mereka menggunakan perpustakaan digital dan menyampaikan bahwa mereka merasa lebih mudah mendapatkan informasi dan mengeksplorasi topik yang menarik melalui akses yang diberikan oleh perpustakaan digital.

Baca Juga:  Membangun Optimisme Masa Depan untuk Indonesia yang Lebih Maju dan Sejahtera

Sosialisasi ini diharapkan dapat membantu meningkatkan minat baca dan cakrawala pengetahuan siswa SMPN 2 Sedayu Bantul. Dengan adanya perpustakaan digital, para siswa memiliki akses lebih luas terhadap sumber daya pendidikan, yang pada gilirannya akan berkontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran dan pengembangan diri mereka. SMPN 2 Sedayu dan PerpusKita berharap sosialisasi ini menjadi awal dari transformasi pendidikan di sekolah-sekolah di seluruh Indonesia, di mana perpustakaan digital menjadi bagian tak terpisahkan dari pembelajaran.

Bagikan artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tentang Penulis