Skip to content
  • Beranda
  • Mengapa Perpuskita
    • Perjalanan
    • Sobat Puspita
    • Data dan Angka
    • Cabang
  • Produk

    LAYANAN

    • PerpusKita
    • Smart Library
    • MocaMoco
    • Hybrid
    • PerpusKita
    • Smart Library
    • MocaMoco
    • Hybrid

    SOLUSI

    • Sekolah
    • Instansi / Bisnis
    • Guru
    • Desa
    • Sekolah
    • Instansi / Bisnis
    • Guru
    • Desa
  • Mitra
    • Affiliate
    • Kontributor Konten
  • Belanja
  • Informasi
    • Artikel
    • Event
    • Karir
    • Help Desk
Masuk
Coba Gratis

Pentingnya Guru Menangani Kritik dan Masukan dari Siswa dengan Bijak

  • Picture of Achmad Haikal Kurniawan Achmad Haikal Kurniawan
  • 18 April 2024

Guru di sekolah sering kali dianggap sebagai figur otoritatif yang mendominasi kelas, dan hal ini bukan tanpa alasan. Dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, guru memiliki tanggung jawab besar dalam mentransmisikan pengetahuan dan membimbing siswa menuju kesuksesan akademik. Namun, di balik perannya sebagai pembimbing, penting juga bagi guru untuk membuka diri terhadap kritik dan masukan dari para siswanya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa guru memiliki pengetahuan yang lebih luas dan pengalaman yang lebih banyak daripada siswa, namun hal ini tidak berarti bahwa guru tidak bisa belajar dari siswa. Siswa memiliki sudut pandang dan pengalaman hidup yang unik, yang bisa memberikan perspektif berbeda dalam pemahaman sebuah konsep atau materi pelajaran. Oleh karena itu, guru yang terbuka terhadap kritik dan masukan dari siswa dapat melengkapi pengetahuannya dengan sudut pandang baru yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Di dalam kelas, situasi di mana siswa memberikan kritik atau masukan kepada guru tidaklah jarang terjadi. Misalnya, ketika guru membuat kesalahan atau menyampaikan informasi yang tidak tepat, atau ketika siswa memiliki pandangan yang berbeda terkait suatu topik pembelajaran. Sebagai contoh, seorang siswa mungkin memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang topik tertentu karena penelitian mereka sendiri di luar jam sekolah. Dalam situasi seperti ini, kemampuan guru untuk menerima dan menangani kritik dengan bijak menjadi kunci penting.

Mengelola kritik dan masukan dari siswa dengan bijak bukan hanya membuat lingkungan belajar menjadi lebih inklusif dan terbuka, tetapi juga membantu mengasah kemampuan berpikir kritis siswa dan mendorong siswa berani bertanya. Ketika siswa melihat bahwa guru mereka menerima kritik dengan baik dan bersedia untuk mempertimbangkan perspektif mereka, hal ini memberikan contoh yang positif tentang pentingnya mempertimbangkan berbagai sudut pandang sebelum membuat keputusan atau menarik kesimpulan.

Selain itu, keberanian untuk bertanya juga menjadi salah satu cara terbaik untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang suatu topik. Ketika siswa berani bertanya, mereka dapat mengeksplorasi konsep yang mungkin belum mereka pahami sepenuhnya. Ini membantu memperjelas keraguan dan memperdalam pemahaman mereka tentang materi pelajaran.

Siswa yang berani bertanya juga akan cenderung lebih terlibat dalam pembelajaran. Mereka tidak hanya pasif menerima informasi, tetapi aktif mencari penjelasan dan pemahaman yang lebih dalam. Ini menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan berinteraksi di mana pemikiran dan ide-ide dapat berputar.

Bertanya tidak hanya tentang mencari jawaban, tetapi juga tentang mempertanyakan dan mengevaluasi informasi yang diberikan. Ketika siswa diajarkan untuk bertanya secara kritis, mereka belajar untuk mempertanyakan asumsi, menyelidiki bukti, dan membuat kesimpulan yang didasarkan pada pemikiran rasional.

Beberapa siswa mungkin takut untuk bertanya karena takut terlihat bodoh atau salah. Namun, mendukung keberanian bertanya dapat membantu mereka mengatasi ketakutan ini dan memahami bahwa bertanya adalah langkah yang diperlukan dalam proses belajar. Siswa yang berani bertanya dan berpikir kritis cenderung lebih mandiri dalam belajar. Mereka belajar untuk mengandalkan diri sendiri dalam memecahkan masalah dan menemukan jawaban atas pertanyaan mereka sendiri, bukan hanya mengandalkan apa yang disampaikan oleh guru atau buku teks.

Selain itu, kemampuan guru untuk menangani kritik dengan bijak juga melatih keberanian siswa untuk bertanya dan mengemukakan pendapat mereka sendiri. Ketika siswa melihat bahwa guru mereka membuka ruang untuk diskusi dan pertanyaan, mereka merasa lebih dihargai dan termotivasi untuk aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran.

Sebagai penutup, penting bagi guru untuk membuka diri terhadap kritik dan masukan dari siswa dengan bijak. Sikap terbuka dan responsif terhadap sudut pandang siswa tidak hanya memperkaya pengalaman belajar, tetapi juga membantu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan keberanian siswa untuk mengemukakan pendapat mereka sendiri. Dengan demikian, kolaborasi antara guru dan siswa dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih produktif, inklusif, dan bermakna bagi semua pihak yang terlibat.

Artikel Terkait

5 Rahasia Hemat Biaya Perpustakaan Digital Tanpa Mengurangi Kualitas

Banyak yang beranggapan bahwa membangun perpustakaan digital memerlukan investasi besar dan sulit dijangkau oleh banyak institusi. Padahal, dengan menerapkan strategi hemat biaya perpustakaan digital, siapa

Ima Farohi 7 January 2025

Meningkatkan Akses Mudah ke Perpustakaan Digital bagi Pelajar

Era digital telah mengubah cara kita mengakses informasi. Salah satu sektor yang mengalami transformasi signifikan adalah perpustakaan. Dengan akses mudah perpustakaan digital, pelajar kini dapat

Ima Farohi 6 January 2025

10 PTN Favorit di Indonesia Versi ChatGPT: Keunikan, Lokasi, dan Jurusan Unggulan

Indonesia memiliki banyak Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tidak hanya berprestasi di tingkat nasional, tetapi juga diakui di kancah internasional. Berikut ini adalah 10 PTN

Sigit PM 27 September 2024

Kenali Para Presiden Indonesia dan Peran Penting Mereka dalam Sejarah

Sebelum sobat PerpusKita mengenal lebih lanjut tentang Presiden Indonesia dan peran penting mereka dalam sejarah, coba kita tes dulu pengetahuan sobat tentang urutan Presiden Indonesia

Sigit PM 27 September 2024

Jl. Prof. DR. Soepomo No. 23, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141

Download Apps
Coba Gratis Aplikasi PerpusKita
Mengapa PerpusKita
  • Perjalanan
  • Sobat Puspita
  • Data dan Angka
  • Cabang
  • Perjalanan
  • Sobat Puspita
  • Data dan Angka
  • Cabang
Informasi
  • Artikel
  • Event
  • Karir
  • Help Desk
  • Artikel
  • Event
  • Karir
  • Help Desk
Produk
  • PerpusKita
  • Smart Library
  • MocaMoco
  • Hybrid
  • PerpusKita
  • Smart Library
  • MocaMoco
  • Hybrid
Mitra
  • Affiliate
  • Kontributor Konten
  • Affiliate
  • Kontributor Konten
Hubungi Kami
  • 08112545333
  • [email protected]
Ikuti Kami
Facebook-f Instagram Youtube Linkedin

© 2025 All Rights Reserved.