PerpusKita dan KKM MTS Kabupaten Temanggung Galang Semangat Minat Baca Lewat Perpustakaan Digital

Pendidikan adalah kunci untuk menciptakan masa depan yang cerah bagi generasi muda. Salah satu aspek penting dalam pendidikan adalah membentuk minat baca yang kuat pada siswa. Menyadari hal tersebut, PerpusKita, sebuah lembaga yang berfokus pada pengembangan perpustakaan sekolah, bekerja sama dengan Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MTS se Kabupaten Temanggung, menyelenggarakan sebuah workshop dengan tema “Meningkatkan Minat Baca Siswa lewat Perpustakaan Digital Sekolah”. Workshop ini dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2023, dan mendapatkan dukungan dari Bapak Taufik Heru Mustofa, Branch Manager Tiga Serangkai Yogyakarta.

Workshop tersebut dihadiri oleh kepala sekolah, guru, pustakawan, dan anggota KKM dari berbagai Madrasah Tsanawiyah (MTS) di Kabupaten Temanggung. Tujuan utama dari workshop ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para peserta dalam mengembangkan perpustakaan digital yang dapat meningkatkan minat baca siswa.

Acara dimulai dengan sambutan dari Ketua KKM MTSKabupaten Temanggung, yang menggarisbawahi pentingnya minat baca yang tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Beliau juga mengapresiasi inisiatif PerpusKita dan KKM dalam memperkenalkan konsep perpustakaan digital sebagai sarana untuk meningkatkan minat baca siswa.

Setelah sambutan pembukaan, Bapak Taufik Heru Mustofa, Branch Manager Yogyakarta, menjadi narasumber utama dalam workshop ini. Dalam presentasinya, Bapak Taufik menyampaikan pentingnya memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana untuk meningkatkan minat baca siswa. Beliau membahas berbagai platform perpustakaan digital, aplikasi pembacaan, dan sumber daya online yang dapat digunakan oleh sekolah-sekolah untuk meningkatkan aksesibilitas dan kualitas bahan bacaan.

Selain itu, workshop ini juga melibatkan sesi diskusi interaktif, di mana peserta dapat berbagi pengalaman, tantangan, dan ide dalam mengembangkan perpustakaan digital di sekolah mereka. Diskusi tersebut dipandu oleh Bapak Taufik Heru Mustofa, yang memberikan panduan dan solusi praktis untuk mengatasi berbagai hambatan yang mungkin timbul.

Baca Juga:  Pendidikan Finansial untuk Siswa di Indonesia

Workshop ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, di mana peserta dapat mengajukan pertanyaan kepada narasumber untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang pengembangan perpustakaan digital. Bapak Taufik dengan sabar menjawab pertanyaan dan memberikan wawasan yang berharga kepada peserta.

Dalam penutupan workshop, Bapak Taufik Heru Mustofa berharap bahwa workshop ini akan menjadi langkah awal yang baik dalam mengembangkan perpustakaan digital di MTS se Kabupaten Temanggung.

Dengan adanya workshop “Meningkatkan Minat Baca Siswa lewat Perpustakaan Digital Sekolah” ini, diharapkan perpustakaan di sekolah-sekolah di Kabupaten Temanggung dapat mengadopsi konsep perpustakaan digital sebagai sarana yang efektif untuk meningkatkan minat baca siswa. Melalui integrasi teknologi digital dalam pembelajaran, diharapkan siswa-siswa di Kabupaten Temanggung akan lebih terbuka terhadap dunia literasi dan memiliki akses yang lebih mudah terhadap bahan bacaan yang bervariasi dan bermutu.

Bagikan artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tentang Penulis