PerpusKita System Update

Tak Perlu Panik! PerpusKita Maintenance System untuk Fitur dan Layanan yang Lebih Baik

Dalam era digital saat ini, perpustakaan online atau yang sering dikenal dengan sebutan “perpustakaan digital” semakin mendominasi dunia literasi. Salah satu platform yang telah membuktikan eksistensinya dalam menyediakan akses mudah ke berbagai bahan pustaka digital adalah PerpusKita. Namun, seperti halnya platform online lainnya, PerpusKita juga perlu menjalani pemeliharaan sistem atau maintenance system berkala untuk memastikan kualitas, keamanan, dan kemudahan layanannya. Meskipun seringkali pemeliharaan ini dapat menimbulkan kekhawatiran bagi pengguna, pada kenyataannya, ini adalah langkah penting untuk memastikan fitur dan layanan yang lebih baik di masa mendatang. Mari kita simak mengapa tak perlu panik dan sebaliknya harus mendukung upaya pemeliharaan sistem ini.

Pentingnya Pemeliharaan Sistem

Pemeliharaan sistem atau maintenance system merupakan suatu proses yang bertujuan untuk memeriksa, menguji, dan memperbaiki komponen-komponen yang ada dalam suatu sistem, termasuk platform PerpusKita. Pemeliharaan dilakukan secara berkala untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih serius, memperbaiki bug atau masalah keamanan yang mungkin muncul, dan juga untuk meningkatkan performa dan kualitas layanan secara keseluruhan.

Manfaat Pemeliharaan Rutin

  1. Ketahanan Keamanan yang Ditingkatkan: Ancaman keamanan dalam dunia digital terus berkembang. Dengan melakukan pemeliharaan rutin, tim pengembang PerpusKita dapat mengidentifikasi dan memperbaiki potensi celah keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
  2. Peningkatan Performa: maintenance system melibatkan pengecekan dan optimalisasi berbagai komponen teknis. Ini dapat mengakibatkan peningkatan kecepatan, responsivitas, dan performa keseluruhan platform, memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.
  3. Pemperbaikan Bug dan Masalah: Setiap perangkat lunak memiliki bug atau masalah tertentu. Melalui pemeliharaan rutin, tim pengembang dapat mengidentifikasi masalah ini dan memberikan perbaikan, memastikan pengalaman pengguna yang lancar.
  4. Peningkatan Fitur: Pemeliharaan tidak hanya tentang perbaikan, tetapi juga tentang peningkatan. Tim pengembang dapat menggunakan waktu pemeliharaan untuk mengimplementasikan fitur baru yang dapat meningkatkan fungsionalitas platform.
Baca Juga:  Saatnya Berbagi Cerita: Komunitas Baca di Perpustakaan Online

Baca juga: Cara Membuat Perpustakaan Digital Sekolah dengan PerpusKita

Bagaimana Pengguna Dapat Mendukung?

  1. Pahami Pentingnya: Pertama-tama, sebagai pengguna PerpusKita, penting untuk memahami bahwa pemeliharaan sistem adalah langkah yang wajar dan penting. Ini adalah bagian dari upaya untuk memberikan pengalaman pengguna terbaik.
  2. Patuhi Informasi dan Panduan: Jika selama periode pemeliharaan platform tidak dapat diakses, patuhi informasi dan panduan yang diberikan oleh tim pengembang. Mereka mungkin memberikan informasi mengenai alasan pemeliharaan dan perkiraan waktu platform akan kembali beroperasi.
  3. Laporkan Masalah: Jika Anda telah mengalami masalah atau bug sebelumnya, pemeliharaan adalah waktu yang tepat untuk melaporkannya kepada tim pengembang. Ini dapat membantu mereka dalam melakukan perbaikan yang lebih komprehensif.
  4. Berikan Masukan: Setelah platform kembali beroperasi, berikan masukan mengenai perubahan atau peningkatan yang telah diterapkan. Masukan pengguna sangat berharga dalam memahami apakah perubahan tersebut bermanfaat atau perlu penyesuaian lebih lanjut.

PerpusKita System Update

PerpusKita akan melakukan pemeliharaan system pada Minggu 10 September 2023. Pada pemeliharaan system ini, seluruh layanan tidak dapat diakses mulai dari jam 00.00 – 23.59 pada hari yang sama. Pada pemeliharaan system ini, PerpusKita akan melakukan update alat baca (reader) dari alat baca yang lama menjadi alat baca baru buatan karya anak bangsa. Dengan adanya update ini, harapannya kedepan dapat memberikan layanan yang maksimal kepada pengguna saat menikmati konten-konten seperti buku digital (e-Book), dan video pembelajaran yang ada di dalam PerpusKita.

Atas pembaruan ini kami memohon maaf, karena akan berdampak pada hilangnya anotasi yang sebelumnya dibuat oleh pengguna. Tentu ini adalah hal yang cukup besar buat kami sampaikan dengan sejujurnya. Namun kami berupaya untuk dapat memberikan solusi, bagi anda yang telah membuat anotasi (coretan, catatan, atau highlight) pada ebook yang pernah dipinjam atau ada di koleksi sebagai koleksi buku bacaan, anda dapat mendapatkan salinan tersebut pada form yang kami berikan melalui https://perpus.in/migration sebelum 9 September 2023 jam 21.00.

Baca Juga:  Pentingnya Melestarikan Kebudayaan Daerah kepada Para Siswa di Sekolah

Pemeliharaan sistem adalah langkah penting dalam menjaga kualitas, keamanan, dan kinerja platform seperti PerpusKita. Sebagai pengguna, tak perlu panik jika platform sementara tidak dapat diakses selama periode pemeliharaan. Sebaliknya, dukunglah upaya pemeliharaan ini dengan memahami manfaatnya dan dengan memberikan masukan yang konstruktif. Dengan cara ini, PerpusKita dapat terus berkembang dan memberikan layanan yang lebih baik bagi penggunanya. Ingatlah bahwa setiap pemeliharaan adalah langkah menuju masa depan yang lebih cerah dan fungsional bagi perpustakaan digital ini.

Bagikan artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tentang Penulis