Situs Belajar Online Gratis

Top 10 Situs Belajar Online Gratis untuk Pemula

Di era digital saat ini, akses terhadap pendidikan dan pembelajaran menjadi semakin mudah melalui internet. Berbagai situs belajar online gratis menawarkan kesempatan bagi pemula untuk memperoleh pengetahuan baru, mengembangkan keterampilan, dan meningkatkan diri secara fleksibel. Jika Anda mencari situs-situs yang cocok untuk pemula, berikut adalah daftar top 10 situs belajar online gratis yang dapat Anda eksplorasi.

1. Khan Academy

Khan Academy adalah platform belajar online yang populer dan luas. Menyediakan video pembelajaran yang jelas dan penjelasan yang mudah dimengerti, Khan Academy cocok untuk pemula yang ingin memahami konsep-konsep dasar dalam berbagai mata pelajaran, mulai dari matematika hingga ilmu pengetahuan.

2. Coursera

Coursera menyediakan berbagai kursus online dari universitas dan institusi terkemuka di seluruh dunia. Meskipun beberapa kursus berbayar, ada juga opsi audit gratis yang memungkinkan Anda mengakses materi pembelajaran tanpa biaya.

3. edX

Serupa dengan Coursera, edX juga menawarkan kursus online dari universitas terkenal. Anda dapat mengikuti kursus secara gratis atau memilih untuk membayar jika ingin mendapatkan sertifikat.

4. Udacity

Udacity fokus pada pembelajaran teknologi dan keterampilan digital. Mereka menawarkan kursus-kursus yang dirancang oleh profesional industri, membantu pemula dalam mempersiapkan diri untuk pekerjaan di bidang teknologi.

5. Duolingo

Jika Anda ingin belajar bahasa baru, Duolingo adalah pilihan yang tepat. Aplikasi ini menggunakan metode pembelajaran bermain dan interaktif untuk memudahkan Anda memahami dan menguasai bahasa asing.

6. Codecademy

Bagi yang tertarik mempelajari pemrograman, Codecademy adalah tempat yang bagus untuk memulai. Mereka menawarkan kursus interaktif yang membantu Anda memahami berbagai bahasa pemrograman.

7. Khan Academy for Kids

Bagi orangtua yang ingin anak-anaknya mulai belajar secara online, Khan Academy for Kids menyediakan konten pendidikan yang interaktif dan menyenangkan.

Baca Juga:  Implementasi Kurikulum Merdeka Pascapandemi

8. MIT OpenCourseWare

Massachusetts Institute of Technology (MIT) menyediakan materi kuliah secara gratis melalui MIT OpenCourseWare. Ini adalah kesempatan langka untuk mengakses materi-materi dari salah satu institusi pendidikan terkemuka di dunia.

9. Udemy

Udemy menawarkan berbagai kursus online yang diajarkan oleh instruktur independen. Meskipun ada kursus berbayar, Udemy juga menyediakan banyak kursus gratis.

10. PerpusKita

PerpusKita menyediakan perpustakaan digital online yang berisi lebih dari 5000 konten digital ebook ataupun video pembelajaran. Menyediakan konten ebook, ebook interaktif dan video pembelajaran yang dapat digunakan sebagai sumber referensi belajar. Tersedia layanan coba gratis untuk pengguna baru.

Dalam dunia yang terus berkembang, pembelajaran online gratis menjadi pintu masuk bagi pemula untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Dengan memanfaatkan situs-situs ini, Anda dapat mengambil langkah pertama dalam perjalanan belajar Anda, memperluas wawasan, dan meraih potensi yang lebih besar. Apakah Anda ingin memahami dasar-dasar matematika, mempelajari bahasa baru, atau menguasai keterampilan teknologi, pilihan situs belajar online gratis di atas dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut.

Image by Freepik

Bagikan artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tentang Penulis